Aug 27, 2016

Nyeri Saat Menstruasi

Ada yang pernah mengalami nyeri saat menstruasi atau menjelang menstruasi? Ada yang pernah mengenal istilah PreMenstrual Syndrome, atau PMS? Perempuan kalau menjelang datang bulan mendadak jadi lebih galak dari macan itu sudah biyaassaaa ya?! Nyeri di sekitar perut dan pinggang di 3 hari pertama menstruasi itu sudah jamak terjadi.



Saya punya teman yang kalau hari pertama menstruasi kesakitan bukan main. Wajah pucat, keringat dingin, perut nyeri yang teramat sangat, dan badan lemas. Sudah bisa dipastikan semua aktifitas pun terganggu, harus cuti kerja dan bolos kuliah. Saya sendiri pernah mengalami hal serupa. Jangan ditanya sakitnya. Sampai teman sekantor yang lelaki semua itu harus memapah saya pulang ke kamar kost untuk istirahat.

Namun ternyata, ada cara untuk mengurangi rasa nyeri saat menstruasi. Salah satunya dengan olah raga Yoga. Menurut Caroline Ang, dengan melakukan beberapa gerakan yoga sederhana dapat membuat otot-otot menjadi lebih rileks sehingga nyeri saat menstruasi dapat mereda. Di acara Yoga in the Air with Kiranti yang diadakan di Rooftop Central Point Mall tanggal 20 Agustus 2016 kemarin, Caroline Ang menuturkan bahwa Yoga pada dasarnya bertujuan untuk menyatukan tubuh, pikiran dan jiwa serta membuat ketiganya bekerja seimbang.


Acara yang digagas oleh perusahaan Orang Tua ini juga memperkenalkan varian baru Kiranti. Menurut Herianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication OT, banyak wanita memilih cara instan untuk menghilangkan rasa nyeri saat menstruasi, tanpa memperhatikan efek samping dari asupan yang masuk ke tubuh. Ketika rasa nyeri dan tidak nyaman karena menstruasi menyerang, mereka cenderung malas bergerak. Iya nggak?! Iya kan?? Iya dunk yaaa… Padahal olah raga mampu memperlancar aliran darah yang dapat mengurangi rasa nyeri itu sendiri. Karena itu kampanye Stay Fresh and Healthy with Kiranti mengajak wanita Indonesia untuk memilih cara yang sehat melalui olahraga dan memilih minuman berbahan alami yang aman untuk tubuh.


Saat ini Kiranti tersedia dalam 3 varian yaitu, Kiranti Sehat Datang Bulan Original, Kiranti Sehat Datang Bulan Plus Juice, serta Kiranti Pegal Linu. Kiranti Sehat Datang Bulan berfungsi untuk membantu memperlancar haid dan mengatasi keluhan haid seperti nyeri. Untuk mendapatkan khasiatnya, Kiranti ini dianjurkan diminum 3 hari sebelum, saat menstruasi dan 3 hari setelah menstruasi. Varian baru yang plus Juice itu ada rasa jeruknya, jadi makin segeerr rasanya… Kemarin nyobain pas di acara Yoga In the Air with Kiranti, rasa jamunya tidak menyengat seperti yang varian original. Passs banget setelah berkeringat bareng Caroline Ang, minumnya yang segerrr… Sedangkan Kiranti Pegal Linu aman diminum kapan saja dan berfungsi mengatasi pegal linu, keletihan, meringankan sakit pada persendian serta menghangatkan tubuh.

Nah, berikut beberapa gerakan yoga sederhana yang dapat membantu meringankan rasa nyeri saat menstruasi:
  1. Bhujangasana atau cobra pose.
    joga-joga.pl

  2. Dhanurasana atau bow Pose
    joga-joga.pl
  3. Bhalasana atau child’s Pose 
    joga-joga.pl
  4. Marjaryasana atau Cat Pose dan Bitilasana atau Cow pose
    laurenlobue.com
  5. Downward facing dog Pose
    loyoga.co.uk

Ulangi gerakan sebanyak 4 sampai 5 kali. Selain fokus pada postur tubuh, yoga juga mampu menenangkan pikiran dan membuat kita masuk pada fresh moment, dimana emosi kembali dapat diatur. Selamat mencoba. Namaste!

6 comments:

  1. yoga sambil dengerin musik2 lembut ya mbak wid?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuaaah.. itu menenangkan mbak avy.. bikin rileks.

      Delete
  2. Aku sering nyeri nih wit.., mau coba ah gerakan2 di atas. Makasih yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuuk kakak... Gerakannya kayaknya sederhana ya.. Tapi kemarin cobain rasanya otot ketarik semua deh. kayak abis dipijit. enak..!

      Delete
  3. Budewit, aku seriiing banget nyeri pas haid. biasanya aku yoga buat ngurangin nyerinya. Child pose enaaaak banget dirahim :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. ya?! kemarin aku nyobain juga kayak abis dipijitin. Ketarik semua ototnya. Jadi makin semangat buat yoga lagi nih. Ajakin aku dunk!

      Delete