Sep 5, 2016

Cara Mudah Menjadi Kreatif

Saya masih punya  beberapa PR project penulisan bersama para blogger. Salah satu project yang bagi saya tugas sulit adalah menulis hal teknis seperti Mempercantik "About Me" dengan Infografis ini. Siapalah saya ini yang bisa berbagi hal canggih berbau teknis seperti itu. Saya sendiri seorang yang sering terinspirasi dari mereka yang senang berbagi tutorial dan hal teknis lainnya.


Membuka kembali buku catatan, saya menemukan beberapa draft yang masih belum selesai. Salah satunya tentang Mudahnya menjadi Kreatif. Draft ini saya buat ketika saya dengan mudah mendapatkan banyak sekali tutorial atau panduan membuat sesuatu. Ketika tutorial itu saya ikuti, lalu hasilnya saya unggah di sosial media, banyak sekali yang komentar dan menyumbangkan jempolnya. Beberapa bahkan memuji dengan mengatakan saya orang yang kreatif. Boleh benerin kebaya dulu kan ya?! #AmbilKaca

Jika kreatif berdasar KBBI berarti kreatif/kre·a·tif/ /krĂ©atif/ a 1 memiliki daya cipta; memiliki kemampuan untuk menciptakan; 2 bersifat (mengandung) daya cipta: pekerjaan yang -- menghendaki kecerdasan dan imajinasi;  maka saya sama sekali bukan orang yang kreatif. Apa yang saya unggah dan apa yang saya lakukan adalah mencontoh tutorial yang saya dapatkan, dan mungkin ditambahan atau dikurangi disana-sini sesuai ketersediaan bahan, kemampuan dan lain sebagainya. Namun dari teknologi yang sekarang ini, kita layak bersyukur, karena semakin mudah mengakses segala macam pengetahuan termasuk tutorial dan semacamnya. Kita jadi tidak punya alasan lagi untuk bilang gak punya kegiatan, nganggur dan gak tahu musti ngapain. Mungkin kamu hanya belum menemukan jalannya saja.

Berikut beberapa media yang bisa menjadi sumber inspirasi untuk menjadi lebih kreatif meski kamu bukan orang yang kreatif. Siapa tahu dari sini kamu jadi tahu passion kamu dimana. Siapa tahu dari sini membuka peluangmu untuk menjadi mahluk yang lebih bermanfaat. Bukan hanya ongkang-ongkang kaki dan bergosip tentang tetangga yang punya kulkas baru dan lippen merah. Berikut media nya:

1. Blog
Banyak sekali blogger yang bermurah hati membagi ilmunya seperti blog mak Dewi Ratih ini. Dari para blogger yang murah ilmu itu kita bisa menggali berbagai macam pengetahuan dan tutorial. Saya sendiri betah sekali nongkrong berlama-lama di blog yang membahas tentang pendidikan dan kegiatan untuk anak-anak. Sehingga dengan mudah saya menemukan aktivitas-aktifitas tambahan untuk Kira dan Kara, agar mereka tak melulu berhadapan dengan gadget. Karena sayapun tak ingin kalah kreatif dengan para pengembang games di gadget.

2. Youtube
Dulu emak kita yang hobi masak sibuk mantengin tipi dengan bolpoin di tangan dan kertas, mencatat aneka resep yang disajikan para chef. Kalau kita berisik, lalu kelewat nyatet bahannya maka bisa jadi pulpen melayang juga ke pelipis. Masih ditambah pula kena semprot omelan panjang emak. Kalau sekarang, hal itu sudah gak berlaku. Kan ada youtube. Kalau anak berisik, tinggal pause, atau diputar ulang. Jadi mengurangi adegan lempar pulpen ala rangga-cinta bukan?!

3. Pinterest
Kamu belum kenal pinterest?! Aduh itu keterlaluan sekali. Buruan install apps ini di gadget kamu. Buat saya apps satu ini salah satu apps wajib yang harus ada di gadget. Jangan Cuma FB dan whatsapp doang. Berbagai macam photo kamar-kamar cantik yang pernah kamu temui di FB, itu berasal dari pinterest. Mereka mengumpulkan dari pinterest lalu di share di FB. Cara cerdas untuk promo akun OLS mereka sih. Jadi kenapa kamu gak cari langsung dari sumbernya saja, lalu pin di wall kamu sendiri. Ibarat mading, kamu punya dinding sendiri dan kamu bisa pilih sendiri gambar apa saja yang mau kamu pasang di dinding kamu. Ceileeeh madiing.. berasa masih SMA lagii.. #pasangKaca

4. Canva
Buat kamu yang doyan photo-photo, doyan bikin meme-meme, doyan bikin flyer, poster atau infografis untuk dipasang di sosial media, tapi kamu gagap pakai photoshop dan segala temannya adobe, maka mari kita toss. Saya males pakai banget belajar photoshop. Bukan apa sih, punya suami seorang design graphis yang tinggal senggol bisa dimintain tolong edit segala macam photo membuat saya malas beranjak dari kursi nyaman. Tapi udah gitu saya sering di PHP sama pak suami. Dia lebih milih ngerjain design yang lain, dibandingkan design permintaan istrinya. Apakah saya gondok berat? Ya enggak lah… wong nanti duitnya juga masuk kantong saya. Daripada manyun di PHP maka saya pun iseng utak-atik si CANVA. Hasilnya, tetap saja dicibir. Iya, selera seni gambar saya payah.  Tapi dengan adanya CANVA ini sangat membantu untuk saya yang gagap adobe. Cuss ke websitenya dan mulai nikmati kemudahannya.

Ah sudahlah, dari 4 media diatas sudah dijamin bikin sosial media kamu makin semarak. Bukan hanya berisi curcol saja. Kalaupun kamu hobi narsis, paling tidak kenarsisan kamu bisa ditambahin kata-kata bijak yang bikin adem pembacanya. Kalau ada banyak jalan menuju Roma, kenapa harus berdiam diri saja? Mari mulai melangkah berbagi kebaikan mulai dari setitik. Be Creative, Be Smart! Yang punya tambahan, yuuk mare di share.


14 comments:

  1. Padat berisi ni sharingnya mak, setuju banget, apalagi kaya di youtube ya, banjir video yang menginspirasi..sayang kalo kita nggak ikut nambah pengetahuan dari sana, tfs mak Wid

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa.. *toss mak* aku suka lihat tutorial DIY dari youtube. Karena bisa diulang-ulang sesuka hati.

      Delete
  2. Setuju mak saya juga suka sekali mencari inspirasi di pinterest dan pakai canva hihihi. Banyak jalan untuk menjadi kreatif :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya tiap mau tidur yang aku lihat pinterest mulu. Mikirnya daripada kepoin status FB tetangga, mending lihat yang cakep-cakep di pinterest deh.. buahaha... Canva aku masih belajar nih. Baru kenalan 1-2 bulan ini.

      Delete
  3. Menjadi kreatif bagi sebagian orang itu terasa sulit ya mak. Tapi kadang kalau saja kita mau mengambil satu langkah, biasanya proses kreatif tersebut berjalan dengan sendirinya. Thanks for #collaborativeBlogging nya mak. Aku nyusul :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat mak Mira. Sekarang fasilitas makin mudah dan makin banyak. Rasanya kalau masih duduk bengong atau ngegosip mulu, malu sama burung yang tiap hari terbang. haha.. Ajari aku yoga dunk #Eh #Lho!

      Delete
  4. Setuja mba.. canva emang the best dah. dan jangan lupa satu tools tambahan lagi mba, lightshot namanya, buat mempermudah screenshot. jadi abis ngedit di canva, bisa langsung di screenshot gt..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya?! Biasanya abis edit di canva langsung aku download file aslinya dari canva. beda ya sama pake lightshot?

      Delete
  5. Aku pernah pake Canva di komputer. Tapi mau di save kok ya syusyah ya. Emang gaptek nih aku mba. Makasihinfonya mba Wiwid

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa di download kok mbak. kan ada tombol download di pojok kanan atas.

      Delete
  6. Aku dari keempat di atas cuma 2 yg pakai kalau pinterest sm canva belum sih,heee kalau mempercantik about me aku lg ngotak ngatik pakai piktochart.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain intip pinterest deh. Ini apps wajib banget buat di gadget. Kalau aku bilang ini gudang pusatnya ide kreatif lah. Keren-keren idenya.

      Delete
  7. Aku dari keempat di atas cuma 2 yg pakai kalau pinterest sm canva belum sih,heee kalau mempercantik about me aku lg ngotak ngatik pakai piktochart.

    ReplyDelete