Aug 20, 2016

Pentingnya Eksplorasi Untuk Anak


Eksplorasi adalah salah satu cara anak belajar. Dengan cara bereksplorasi anak menjelajah semua kemungkinan yang bisa mereka temukan. Menginjak usia 1 tahun anak mulai belajar bereksplorasi lebih luas. Ia belajar memanjat benda apa saja di sekitarnya. Tak jarang benda-benda kecil ditangannya dilempar kesana kemari demi mencoba mendengar bunyinya. Pernah melihat mereka bermain pasir, memetik bunga di taman dengan kasar, atau menyobek semua kertas yang ia lihat?! Mau tahu apa saja manfaatnya?!

Dengan berkeksplorasi anak belajar melatih motorik, panca indera dan merangsang imaginasi dan daya nalarnya. Misal, ketika anak menemukan buku awalnya ia hanya membolak-balik buku itu. Kemudia ia buka dan ia tahu bagaimana suara kertas ketika saling bergesekan. Dengan penuh semangat ia buka halaman demi halaman untuk mendengarkan suara gesekan kertas. Karena terlalu bersemangat, tanpa sengaja salah satu halaman itu sobek. Lalu otak anak menangkap sesuatu saat itu. anak belajar ketika kertas ini ditarik lebih kencang maka ia akan menimbulkan suara yang berbeda. Untuk memastikan, dicobanya sekali lagi, lagi dan lagi. Sambil menyobek ia merasakan tekstur kertas ditangannya dan bunyi berbeda lagi ketika kertas itu diremas-remas. Nah, pada momen tersebut, anak belajar melatih kekuatan jari dan tangannya ketika ia menarik kertas-kertas di buku dan meremas-remasnya. Anak juga belajar berkonsentrasi dalam melakukan kegiatan. Rangsangan tersebut yang kelak sangat bermaanfaat ketika ia belajar pra menulis di usia pra sekolah. Namun momen itu tidak akan bermanfaat banyak ketika orang tua datang lalu mengganggu jalannya proses belajar, kemudian memarahi. Yang justru terjadi adalah anak kehilangan kesempatan untuk merangsang ketrampilan sensorik motorik dan kognitifnya. Jika memang buku tersebut termasuk buku penting, gantikan ia dengan kertas yang sudah tidak terpakai, sehingga proses bereksplorasi tidak terganggu.

1 proses ekplorasi saja memiliki banyak sekali manfaat. Bisa dibayangkan banyak hal yang bisa dipelajari seandainya kita, para orang tua memberikan ruang yang luas bagi anak bereksplorasi tanpa perlu merasa takut. Nestle DANCOW memahami bahwa eskplorasi adalah salah satu aspek penting dalam pola asuh. Ratih Ibrahim menuturkan bahwa dukungan yang bisa diberikan ayah dan bunda dalam membantu anak bereksplorasi adalah cinta kasih dan nutrisi. Cinta kasih memastikan semua hal yang dibutuhkan si kecil untuk tumbuh optimal terpenuhi. Cinta ayah dan bunda menjadi bekal perlindungan terbaik untuk si kecil dalam bereksplorasi. Kepercayaan ayah dan bunda dalam mengasah anak bebas berinteraksi dan bereksplorasi akan membangun rasa percaya diri anak sehingga tumbuh kembangnya makin optimal. 

Asupan gizi seimbang dan sesuai tahapan usia sangat dibutuhkan untuk mendukung masa eksplorasi si kecil. Saat si kecil sehat dan terlindungi, ia dapat bereksplorasi sesuai dengan tahapan usianya untuk mendukung proses belajar dan pertumbuhan fisiknya. Menurut pakar nutrisi, Sari Sunda Bulan, 80% sistem daya tahan tubuh terdapat di saluran cerna. Kolonisasi bakteri baik ini penting untuk pematangan sistem daya tahan tubuh di saluran cerna. Untuk memastikan nutrisi dapat diserap dengan baik oleh tubuh, maka kesehatan saluran cerna perlu dijaga.

Memerah susu sapi

Berkuda
Gardening
Untuk itulah Nestle DANCOW menghadirkan Nestle DANCOW Excelnutri+ Explore the World. Dalam kegiatan tersebut Nestle DANCOW 1+ menghadirkan beragam flora dan fauna khas dari berbagai Negara baik secara langsung maupun melalui teknologi augmented reality. Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 6-7 agustus 2016 di Royal Plaza diselanggarakan atas kerja sama dengan Hypermart dan dilengkapi dengan area DANCOW Parenting Center dimana orang tua dapat berkonsultasi mengenai nutrisi dan tumbuh kembang anak. Di area seluas 590m2 si kecil diajak bereksplorasi mengenal keindahan dan berbagai hal unik dari berbagai Negara, diantaranya Belanda, Jepang, Brazil dan Indonesia. Seru bukan?!  Cara orang tua mendidik anak menentukan bagaimana anak di masa depan. Mengutip quote cantik dari FD Reoosevelt, "We may not be able to prepare the future for our children, but we can at least prepare our children for the future", Mari bebaskan anak bereksplorasi...

5 comments:

  1. hampir mirip dengan acara dancow sblnya ya mba...sapi dan kuda poninya sama hehehe...juga menanamnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya?! Baru ikutan kali ini nih.. Mbak Reni kmrn kemana, gak ikutan?!

      Delete
  2. Si kecil main pasir gak papa mbak? gak kotor? Bawa baju ganti?

    ReplyDelete
  3. Paling seneng deh kalo liat anak-anak yang dibebasin eksplor dirinya, jadi gak kebanyakan dilarang

    Salam,
    Asya

    ReplyDelete