Aug 6, 2017

PPEJ 2017 : Persembahan Yang Terbaik Untuk Yang Teristimewa


PPEJ 2017 : Persembahan Yang Terbaik Untuk Yang Teristimewa - Yang namanya bocah itu selalu penuh rasa ingin tahu. Demikian juga dengan dua bocah kembar saya. Ketika sedang bercanda main kitik-kitik, mereka bertanya, kenapa kita punya pusar di perut? Kan jadi bikin perut kita gak halus. Bikin geli juga ketika dikitik-kitik. Belum lagi ketika lubang pusar kita kotor, susah bersihinnya. Lalu saya jelaskan kepada mereka kenapa harus ada pusar. Tali pusar adalah tempat mereka bisa menerima makanan, dan bisa bernafas ketika mereka masih di dalam perut.

Demikianlah yang saya ingat dari percakapan dengan dua bocah kembar tentang tali pusar atau plasenta. Tak disangka ilmu tentang tali pusar ternyata tak sebatas itu. Dari PRENAGEN Pregnancy Educational Journey (PPEJ) 2017 itulah saya tahu lebih banyak tentang tali pusar atau plasenta.

Sama seperti tahun kemarin, PPEJ 2017 ini merupakan acara edukasi terlengkap untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Di sini peserta bisa belajar tentang segala hal mengenai ibu hamil dan menyusi. Di sini disediakan beberapa booth yang berisi kelas-kelas mini tempat para orang tua dan calon orang tua belajar tentang banyak hal. Mulai dari konsultasi kesehatan ibu hamil, persiapan melahirkan, merawat bayi baru lahir, hingga belajar membuat menu yang mudah dan cepat untuk memenuhi nutrisi ibu hamil dan menyusui. Digawangi para pakar dibidangnya, kelas-kelas mini tersebut antri diserbu para orang tua yang antusias untuk belajar.

Ada apa aja sih?

  • Bump To Birth Consultation
Disini para ibu hamil bisa melakukan cek kesehatan, cek tekanan darah dan berat badan. Di dampingi para bidang, ibu hamil dan calon ayah juga dapat berkonsultasi mengenai kehamilannya dan persiapan melahirkan. Seperti kita tahu, setiap ibu hamil selalu memiliki keluhan masing-masing. Di booth ini mereka bisa curhat dan berkonsultasi tentang keluhan selama masa kehamilan.


  • Bump To Birth Corner

Ini adalah pojok yang selalu penuh oleh orang tua, bukan hanya ibu tetapi juga ayah. Ini adalah kelas mini dimana para calon orang tua bisa belajar merawat bayi baru lahir. Disini diajarkan bagaimana memandikan bayi baru lahir, merawat tali pusar yang belum puput, pijit bayi, hingga kelas menyusui. Lengkap bukan? Bersama bidan Evita, para calon orang tua terlihat antusias belajar untuk mempersiapkan kehadiran buah hati mereka.


  • Bump To Birth Nutrition

  Disini cheff Edrian memberikan resep-resep membuat smoothies yang enak dan segar untuk memenuhi nutrisi ibu hamil. Biasanya ibu hamil itu ketika trisemester pertama sering mengalami mual kan ya.. Setiap apa yang masuk sering ditolak perut. Padahal nutrisi harus tetap dijaga untuk kesehatan ibu dan janinnya. Mau masak ribet keburu lemes. Smoothies adalah salah satu nutrisi sehat yang bisa menjadi solusi menjaga asupan nutrisi sehat untuk ibu hamil. Karena hamil itu butuh nutrisi ekstra, para ibu bisa memanfaatkan susu khusus ibu hamil untuk membuat resep smoothies ini. Seger dan sehat kan..


  • Bump to Birth Expert

 Disini peserta bisa mengenal dan mencicip aneka rasa produk-produk dari PRENAGEN lengkap dengan penjelasan masing-masing produknya. Jadi ada apa aja sih Produk Prenagen?


  • PRENAGEN ESENSIS

PRENAGEN Esensis adalah susu yang dibuat untuk memenuhi nutrisi perempuan yang sedang mempersiapkan kehamilan. Di dalam prenagen esensis dilengkapi dengan asam folat dan tinggi kalsium namun rendah lemak. Prenagen Esensis terdiri dari 2 varian rasa, yaitu Coklat dan Vanila.

  • PRENAGEN MOMMY  EMESIS

PRENAGEN Mommy Emesis merupakan susu yang dibuat untuk memenuhi nutrisi ibu hamil dan mengurangi mual dan muntah. Di dalam Prenagen Mommy Emesis terdapat kandungan Vitamin B6 dan Protein yang telah teruji klinis dapat mengurangi mual dan muntah yang umum dirasakan selama masa kehamilan trisemester pertama.

  • PRENAGEN MOMMY

PRENAGEN Mommy dibuat untuk memenuhi nutrisi ibu hamil. Di dalam PRENAGEN Mommy terdapat nutrisi tambahan yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Di dalam susu khusus ibu hamil ini terdapat kandungan yang dapat mengoptimalkan penyerapan mikronutrien. Di dalam Prenagen Mommy sekarang ini terdapat PRENAPRO yang dapat membantu ibu memenuhi nutrisi sehat pada 1000 hari pertama kehidupan buah hatinya. Prenagen Mommy juga tersedia dalam kemasa UHT yang siap minum. PRENAGEN Mommy tersedia banyak varian rasa, diantaranya: Strawberry, coklat, vanilla, Moka, dan Kacang Hijau.

  • PRENAGEN LACTAMOM

PRENAGEN Lactamom merupakan susu yang dibuat untuk memenuhi nutrisi ibu menyusui. Nutrisi yang terdapat di dalam Prenagen Lactamom bisa membantu meningkatkan produksi ASI dan menjaga kecukupan gizi pada ibu menyusui. Nutrisi sehat ibu menyusui perlu terus dijaga demi menjaga kualitas ASI sebagai makan utama bagi bayi baru lahir. Seperti yang sudah sering kita dengar bahwa nutrisi selama 1000 hari pertama Kehidupan itu sangat penting.

  • PRENAGEN JUICE

Prenagen Juice berisi sari buah delima dan anggur yang cocok diminum oleh siapa saja, terutama ibu hamil dan menyusui. Jus yang kaya kandungan asam folat dan tinggi vitamin C ini bisa menjadi nutrisi tambahan yang segar selama hamil dan menyusui. Vitamin C membantu para ibu hamil dan menyusui untuk menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit. Kesehatan yang prima sangat dibutuhkan ibu demi menjaga buah hatinya.

 Persembahan Terbaik Untuk Yang Teristimewa



Tepat ketika Mona Ratuliu keluar, para ibu sontak berkerumun mengelilingi moderator cantik dan pintar ini. Mereka berebut untuk berswa foto dan bersama melangkah memasuki ruangan Dyandra Convention Centre untuk mengikuti seminar utama bersama para pakar. Kali ini PRENAGEN dalam PPEJ 2017 membawan tema “TERBAIK UNTUK YANG TERISTIMEWA”. Dalam PPEJ 2017 kali ini PRENAGEN ingin mempersembahkan yang terbaik untuk para ibu hamil dan menyusui yang selalu menjadi mahluk teristimewa.

Teristimewa?

Iyalah! Ibu hamil dan menyusui selalu sukses menjadi pusat perhatian seluruh anggota keluarga dan menjadi anggota yang teristimewa di dalam keluarga. Demi menjaga sang buah hati yang sedang dikandung atau disusui, semua parameter kebahagian para ibu hamil dan ibu menyusui ini harus terus stabil. Semua upaya dikerahkan untuk menjaga para ibu hamil dan ibu menyusui ini tetap bahagia dan sehat. Iyakan? Iyadong! Karena jaminan kebahagian dan kesehatan mereka adalah tumbuh kembang terbaik yang bisa anda dapatkan untuk buah hati.

Nah, dalam persembahan terbaik untuk yang teristimewa kali ini PRENAGEN memberikan seminar tentang 2 hal:
  • Dampak Penting Kesehatan Plasenta untuk Perjalanan Kehidupan Si Kecil yang dibawakan oleh dr. Boy Abidin, SpOG (K)
  • Pengaruh Nutrisi Terhadap Pembentukan Sarah dan Redflag Si Kecil yang dibawakan oleh dr. Herbowo AF Soetomenggolo, SpA (K)

Dipandu oleh moderator Mona Ratuliu, PRENAGEN juga mengajak penyanyi cantik Andien untuk ikut berbagi tentang masa kehamilan dan menyusui buah hatinya. Agar semakin istimewa, PRENAGEN juga mengajarkan senam khusus ibu hamil dan ibu pasca melahirkan, yaitu senam PRENAFIT. Tak berhenti sampai disitu. Dalam PPEJ 2017 ini juga diluncurkan aplikasi khusus ibu hamil yang interaktif dan berisi padat informasi. Apa itu? Sabar! Mari kita kupas satu persatu!

Tentang Kesehatan Plasenta



Dari penjelasan dr. Boy Abidin saya jadi tahu tentang pentingnya menjaga kesehatan plasenta. Awalnya saya pun sempat heran, emang bisa ya menjaga kesehatan plasenta? Bagaimana caranya?

Kita tahu kan kalau plasenta itu amat sangat penting bagi ibu hamil. Plasenta akan terbentuk sempurna pada kehamilan antara 8 hingga 12 minggu. Melalui plasenta inilah janin mendapatkan nutrisi dari makanan yang dimakan ibu. Dari plasenta ini juga janin mendapat oksigen untuk organ pernafasannya. Plasenta juga membantu membuang membuang zat beracun dari tubuh janin. Plasenta juga tempat produksi hormon untuk perkembangan janin. Dari plasenta ini pula janin mengetahui semua perasaan dan emosi yang dirasakan oleh ibunya. Plasenta inilah sumber kehidupan bagi janin, karena itu penting untuk dijaga kesehatannya.

Ternyata plasenta yang tak terjaga kesehatannya, dapat mengganggu asupan nutrisi dan oksigen bagi janin. Kualitas nutrisi dan oksigen ini sangat bergantung pada kesehatan plasenta. Jika kesehatan plasenta tak terjaga, maka kualitas nutrisi dan oksigen bagi janin pun bisa menurun, hingga membawa dampak jangka panjang bagi bayi yang akan dilahirkan nanti.

Bagaimana cara menjaga kualitas plasenta?

Agar kualitas kesehatan plasenta bagus, seorang ibu hamil harus menjaga nutrisinya selama masa kehamilan. Karena dengan nutrisi yang tercukupi, maka tubuh akan membantu membentuk plasenta yang sempurna pada usia kehamilan antara 8 hingga 12 minggu tesebut. Apabila nutrisi tidak dapat terpenuhi secara sempurna, dikhawatirkan dapat menyebabkan turunnya kualitas kesehatan plasenta.

Lantas bagaimana jika selama hamil mual dan muntah?

Sebenarnya mual dan muntah pada trisemester pertama kehamilan itu wajar kok. Karena pada saat itu tubuh memproduksi hormon baru yang membantu menjaga pertumbuhan janin di dalam tubuh. Produksi hormon baru inilah yang menyebabkan ibu hamil menjadi mudah mual dan muntah. Jika produksi dirasa cukup, maka secara otomatis tubuh akan berhenti memproduksi hormon tersebut. Saat itulah rasa mual mulai berkurang.

Darimana ibu hamil dapat memenuhi asupan nutrisinya, jika semua yang masuk selalu ditolak tubuh?

Usahakan untuk makan sedikit tapi sering. Makan apa saja yang dapat mengurangi rasa mual si ibu. Namun tetap perhatikan agar nutrisi tetap terpenuhi. Meskipun makanan yang masuk sedikit, apabila proses penyerapannya optimal, Insyaallah kebutuhan nutrisi juga akan tetap terpenuhi.

Bagaimana Agar penyerapan nutrisi bisa optimal?

Minum susu! Karena susu mampu menjadi kendaraan pengangkut yang dapat mengoptimalkan penyerapan mikronutrien yang dibutuhkan bagi ibu hamil. Jika penyerapan nutrisi optimal, maka resiko dari buruknya kualitas plasenta dapat dicegah.

Saya ingat sekali, dulu ketika selama menjaga bocah kembar saya di rumah sakit, saya berkenalan dengan seorang ibu yang berat badan bayinya rendah, padahal usia kandungannya cukup bulan untuk melahirkan. Ternyata dari obrolan panjang lebar tersebut saya tahu bahwa berat badan bayi baru lahir rendah disebabkan karena proses metabolisme si bayi terganggu selama dalam kandungan. Meskipun dilahirkan pada usia kandungan yang cukup bulan, jika sirkulasi nutrisi dari ibu ke janin terganggu, maka bisa menyebabkan banyak gangguan kesehatan pada janin, bahkan tidak menutup kemungkinan hingga terjadi kematian pada bayi baru lahir.

Karena itu penting untuk menjaga kualitas kesehatan plasenta dengan menjaga nutrisi sehat selama masa kehamilan.

Tentang Pembentukan Sistem Saraf dan Redflag



Sebagai orang tua, kita semua tahu tentang pentingnya tumbuh kembang seorang anak, sejak dimulai dari kandungan hingga dilahirkan. Pengetahuan tentang 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) sudah sering saya kunyah dari seminar ke seminar. Namun pengetahuan tentang pembentukan sistem saraf belum pernah saya dapat. Karena itu ketika di acara PPEJ 2017 ini saya mendapat banyak istilah baru yang super njelimet tentant pembentukan sistem saraf dan Redflag. Apa pentingnya pembentukan sistem saraf dan apa itu redflag, mari kita coba kunyah satu persatu.

Pembentukan sistem saraf pusat penting untuk bayi sejak dalam masa kehamilan hingga dilahirkan. Seperti kita tahu, sistem saraf pusat adalah tempat kendali seluruh organ yang ada di dalam tubuh manusia. Jika kualitas sistem saraf pusat terganggu maka otomatis terganggu pula kerja organ-organ lain di dalam tubuh. Namun sebaliknya, semakin bagus kualitas sistem saraf pusat, maka semakin bagus pula kualitas tumbuh kembang anak-anak.

Untuk memiiki anak yang sehat dan cerdas itu butuh persiapan. Bukan hanya persiapan materi, namun juga persiapan pengetahuan. Anak yang memiliki IQ tinggi ditentukan oleh banyak faktor, diantaranya faktor genetik atau keturunan, dan faktor kecukupan gizi. Faktor keturunan hanya memegang 40% jaminan seorang anak memiliki IQ yang tinggi. Sisanya ditentukan oleh faktor lain seperti ras hingga kecukupan gizi.

Di dalam sistem saraf pusat, terdapat tautan-tautan yang saling berhubungan satu sama lain. Semakin banyak tautan-tautan tersebut, semakin tinggi pula tingkat kecerdasan seseorang. Tautan-tautan inilah yang disebut sinaps. Untuk membentuk banyak tautan dibutuhkan banyak stimulasi.

Selain itu di dalam sistem saraf pusat terdapat myelin atau aliran listrik yang ada di otak. Aliran listrik inilah yang menghantarkan berbagai macam perintah dan perasaan dari otak ke seluruh tubuh. Untuk menghantarkan aliran listrik tersebut, dibutuhkan kendaraan yang bernama neurotransmitter.  Untuk mendapatkan kualitas myelin dan neurotransmitter yang sempurna dibutuhkan nutrisi yang mencukupi. Aliran listrik dan penghantarnya akan bekerja dengan optimal jika asupan nutrisi yang masuk juga optimal. Sebagai contoh, anak yang kekurangan zat besi pada usia 6 bulan memperlihatkan myelin yang kurang sempurna, sehingga perkembangan anak terhambat.

Karena itulah untuk mendapatkan sistem saraf pusat yang dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, selain dibutuhkan stimulasi yang bagus, juga membutuhkan nutrisi yang sehat. Mempersiapkan pembentukan sel saraf yang optimal ini harus dimulai sejak dini, sejak seorang ibu dinyatak positif hamil.

Apakah perkembangan saraf pusat tersebut bisa dipantau?

Bisa! Perkembangan saraf pusat dipantau dengan melakukan pemantauan pada banyak hal, diantaranya: rutin cek berat badan dan tinggi badan bayi, ukur lingkar kepala bayi secara berkala, dan pantau perkembangan anak apakah sudah sesuai usianya atau belum.

Bagaimana agar perkembangan anak tetap sesuai usianya?

Ketahui batasan-batasan redflag atau bendera merah sesuai usianya. Artinya dalam setiap usia bayi, terdapat tolok ukur yang harus dicapai agar tumbuh kembang bayi tetap terjaga secara optimal. Batasan-batasan inilah yang harus diketahui orang tua, agar mereka tahu kapan harus terus memberikan stimulasi pada bayinya, dan kapan stimulasi tersebut harus diinterupsi oleh dokter. Perkembangan bayi yang terhambat, harus mendapatkan stimulasi khusus agar bayi dapat mengejar ketertinggalannya sehingga dapat berkembang sesuai usianya. Batasan-batasan inilah yang disebut redflag.

Berikut beberapa contoh redflag yang harus dilewati sesuai usia bayi:
  1. Bayi usia 6 bulan harus bisa membalas senyum ketika disapa.
  2. Bayi usia 6 bulan harus bisa mengeluarkan suara-suara.
  3.  Bayi usia 6 bulan harus bisa menggapai dan berguling.
  4.  Bayi usia 6 bulan harus bisa angkat kepala sendiri ketika ditarik tangannya
  5. Pada usia 9 bulan, bayi harus bisa menggenggam dan melepas genggaman
  6. Pada usia 9 bulan, bayi harus bisa duduk tanpa alat bantu.
  7.  Ketika berusia 12 bulan, bayi harus bisa menirukan suara dan bubbling atau melakukan pengulangan kata.
  8. Ketika berusia 12 bulan, bayi harus bisa merangkak atau merayap
Bagaimana jika pada usia-usia tersebut ternyata bayi belum dapat melakukannya? Sebaiknya segera bawa bayi ke dokter untuk dilihat apakah masih dalam batasan normal ataukah dibutuhkan stimulasi khusus dengan memberikan fisioterapi oleh ahlinya.


Di acara PPEJ 2017 ini pula dikenalkan aplikasi hallobumil yang bisa diunduh untuk membantu para orang tua memantau perkembangan janinnya selama masa kehamilan. Aplikasi yang bisa di downoload di playstore atau apple store tersebut merupakan aplikasi interaktif pendamping kehamilan yang pertama di Indonesia. Aplikasi ini dapat mengakomodir kebutuhan para calon ibu selama masa kehamilan. Di dalam aplikasi, para orang tua dapat melihat tahap-tahap perkembangan buah hatinya, informasi medis tentang kehamilan, nilai gizi dan nutrisi yang dibutuhkan.

Untuk melengkapi momen istimewa tersebut, PRENAGEN juga mengajak para ibu hamil untuk melakukan olah raga senam PRENAFit. Dengan rutin melakukan senam PRENAFit, membantu ibu beristirahat dan meningkatkan stamina serta kekuatan otot yang dibutuhkan saat menjalankan proses persalinan. Senam PRENAFit juga dapat membantu ibu lebih rileks dan bayi lebih tenang hingga mampu meningkatkan skor kecerdasan umum. Karena itu penting bagi ibu hamil untuk tetap berolah raga.

Dengan persembahan terbaik bagi ibu hamil dan calon bayinya, semoga PRENAGEN dapat membantu meningkatkan pengetahuan bayi calon orang tua dan membantu menurunkan angka kematian pada ibu dan bayi baru lahir. Selamat menjadi keluarga cerdas dan sehat!




4 comments:

  1. Aplikasi ini emang membantu banget. :)

    ReplyDelete
  2. Prenagen menurutku gak bikin mual rasanya. :) Kalau yang prenagen esensis [enting banegt buat yang baru nikah ya?

    ReplyDelete
  3. Varian prenagen banyak banget yah...sesuai kebutuhan, mulai persiapan hamil hingga menyusui :) rasanya juga enak

    ReplyDelete